Iklan Kiri

Momen Hari Pendidikan Nasional, Aliansi Mahasiswa UGM Menggelar Aksi Demonstrasi


HARIANMERDEKA.ID, Jogja -Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa UGM menggelar aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Mereka berangkat dari Pasar Demangan menuju bunderan UGM dengan mengendarai becak.


"Aksi ini bertepatan dengan 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional, di mana kita sebagai mahasiswa UGM memiliki tuntutan kepada rektorat UGM yang memiliki 4 bahasan pokok yaitu: perihal polemik UKT, wacana kampus merdeka terutama penyelenggaran kurikulum pendidikan tinggi di UGM, keadilan akademik dan penyelenggaraan kemahasiswaan di tengah pandemi covid-19 serta dana abadi pendidikan yang malah dialokasikan untuk pencegahan pandemi covid-19" ungkap Panji Dafa, selaku korlap aksi.Sabtu (02/05).


Selain melakukan aksi demonstrasi, mereka juga membagi-bagikan paket makanan untuk para pekerja informal yang berada di sekitar lokasi demonstrasi. Sejumlah kajian aksi dapat ditemui di laman http://ugm.id/Hearing2Mei. Salah satu yang mereka soroti ialah pentingnya relokasi anggaran yang tidak terpakai atau berkurang dengan dialokasikan kepada pemberian kuota internet mahasiswa untuk kuliah daring dan bantuan logistik mahasiswa rantau yang masih di Jogja.



Di tengah pandemi covid-19, mereka juga menyerukan evaluasi keuangan orangtua/wali mahasiswa yang mengalami perubahan keuangan akibat dampak covid-19. Tidak hanya menggelar aksi luring, mereka juga menyerukan aksi daring lanjutan dengan meramaikan hashtag di Twitter dengan tagar #RevolusiPendidikan, #KisahKampusKerakyatan, #2MeiBukanSeremoni.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel