Iklan Kiri

Bupati Jember Beri Bantuan Mahasiswa Asal Jember yang Bertahan di Jogja


HARIANMERDEKA.ID, Jogja - Puluhan Mahasiswa asal Jember memilih untuk tidak pulang dan tetap tinggal di Jogja. Hal tersebut merespon himbauan pemerintah untuk tidak mudik demi menekan penyebaran Covid-19. Menurut data IKPMJ (Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Jember di Jogja) per tanggal 22 April 2020 tercatat 52 orang masih berada di Jogja.

Puluhan mahasiswa tersebut tersebar di berbagai daerah dan tinggal di Asrama Putra Jember, kos dan kontrakan. Persoalan yang dirasakan sebagai mahasiswa perantau ketika adanya lockdown mandiri di tempat tinggal mereka menyulitkan akses untuk mendapatkan kebutuhan harian, serta terkendala kiriman dari orang tua yang bekerja di sektor informal.

Upaya yang baik dari Pemkab Jember setelah mendengar keluhan tersebut merespon cepat dengan pengiriman bantuan paket sembako, masker non medis dan sejumlah uang untuk biaya hidup. Bantuan yang berjumlah 42 paket tersebut di antar pada hari Selasa, 12 Mei 2020 ke Asrama Putra Jember, yang dijadikan tempat berkumpul para mahasiswa dan pelajar dari Jember yang ada Jogja dan sampai pada hari Rabu, (13/05)

Ke-42 paket akan didistribusikan ke para mahasiswa yang tinggal di kost maupun kontrakan dengan dibantu oleh beberapa mahasiswa yang tinggal di Asrama Putra Jember. Untuk 10 orang lainnya yang juga sudah terdaftar dalam beasiswa Pemkab Kabupaten Jember juga sudah mendapat bantuan sejumlah uang untuk biaya hidup mereka.

Fairus Emir Abyan, selaku Ketua IKPMJ Yogyakarta mengapresiasi peran serta Pemkab Jember atas bantuan yang diberikan, ”Di tengah pandemi ini sangat berarti bagi para mahasiswa Jember yang masih berada di Jogja. Semoga bantuan ini bermanfaat dan menjadi kebaikan bersama”, ujarnya.

Seorang penerima bantuan, Wafi, mengungkapkan kebahagiaanya pasca mendapatkan bantuan ini, “Betul-betul sangat membantu buat saya yang tinggal di Yogya karena terkena lockdown jadi bisa membantu kebutuhan hidup sehari-hari.” imbuhnya. 

Dalam surat resminya, atas nama Pemkab Jember, dr. Hj. Faida, MMR, juga menyampaikan terimakasih atas kesabaran dan ketabahan para mahasiswanya yang memilih untuk tidak pulang dan berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel